motivasi

Ngomong-ngomong soal ayam

5:20:00 PM Dee 0 Comments

NGOMONG-NGOMONG SOAL AYAM....
05022013

Guuuyyss, udah lama banget nih gak kesambet lagi untuk ngeblog. Sori tralala deh yaaa...
Anyway,
Entah kenapa, tiba-tiba kepikiran tentang "ayam"
Yak yak...itu dia yang sering kita makan sehari-hari
Bukan..bukan...ya ampun itu mah penyakit (*baca =  a.y.a.n)
Nah, itu beneer, a.y.a.m, yang hobinya petok2, kukuruyuuuk, ciap2, entah kenapa tiba-tiba mikirin mereka.
(*seakan gak ada hal lain yang lebih rasional untuk dipikirin)

Heeehhh (*menghela nafas panjang)
Dulu, saya gak bisa tuh yang namanya bedain mana ayam kampung mana ayam negeri.
Yang saya tahu adalah setelah daging2 mereka dimasak dan dimasukin ke perut, efeknya yang ditimbulkan adalah perasaan ke-nyang.:9
Selebihnya gak pernah mikirin, dari mana asal itu daging, sabodo itu dari kampung atau dari kota eh negeri.

Btw, pertanyaan pertama adalah
What??
Oke, apa itu ayam?
Ayam adalah sejenis binatang unggas, tentu saja bertelur yang terdiri dari kuning dan putih, bersayap tapi gak bisa terbang kecuali kepepet, berjengger tapi gak macho, berbulu lebat nyaingin gorila

How??
Bagaimana cara mengolah ayam?
Bisa digoreng kremes, dibakar, disemur, dipresto, diapain aja boleh daah.

When??
Kapan ayam ditemukan?
Aduuuh pelis deh ini pertanyaan. Mana saya tahu yaa? Kapan ayam itu ditemukan adalah rahasia Ilahi. Hemmm..

Who??
Siapa itu ayam??
Masih nanya? Ayam adalah A.Y.A.M (*liat pertanyaan nomor satu!)

Where??
Dari mana ayam berasal?
Nah, ada yang bilang ayam terbagi menjadi 2 kasta; Ayam kampung dan Ayam negeri.
Oke, ayam kampung sudah barang tentu berasal dari "Kampung", yang jadi pertanyaan adalah ayam negeri.
Menurut saya "ayam negeri" adalah jenis ayam yang paling klise, dari negeri mana dia berasal?
Negeri jiran-kah?? Negeri tirai bambu-kah?? atau bahkan negeri di atas awan?? (*mulai ngaco)
Jadi dari manakah ayam berasal? That's still be a big question mark for me...

_Menggantung..


Tiba-tiba penasaran dan mulai cari-cari info terkini seputar ayam, tiba-tiba ngejogrok dipasar buat meratiin ayam potong yang dijual ibu-ibu berkonde, tiba-tiba minta wangsit ke mbah Google yang tahu segala rupa dunia per-AYAM-an di dunia MAYA, tiba-tiba jadi hobi ngomong sama ayam (*udah gila ><)
Seribu cara ditempuh untuk menuntaskan rasa dahaga saya seputar ayam.

APA SIH BEDANYA AYAM KAMPUNG DAN AYAM NEGERI????

Pluuuooookk!!

Weleeeh, alangkah kagetnya hamba!
Pundak saya secara misterius tiba-tiba dihinggapi ayam keren berkaca mata hitam dan berjaket hitam (*ini ayam apa agen MIB?)
Belum selesai keterkejutan saya ditomplok ayam keren secara misterius tadi, gak dinyana ayam itu ngomong sama saya.
(*kucek-kucek mata)
Iiiih, ayam kok bisa ngomong?? Mungkin ayam keren ini adalah titisan sang dewa guna menolong saya dari kesesatan yang nyata. (*gumam ngaco saya dalam hati)


Taaaaadaaaaaaaa...
Perkenalkan,
    Saya adalah a_yam_dong (*semacam nama korea terdiri dari 3 suku kata)
     Tugas mulia saya di sini adalah menyampaikan isi dari kitab "Ayam dan Seluk Beluknya", bab 3 berjudul "Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri"

saya cuma bisa melongo liat si ayam berceloteh camar tolol dan cemar

To the point aja, menurut kitab ini yah Neng, Ayam kampung adalah ayam yang entah itu hidupnya dipelihara oleh manusia ataupun liar masih aja bisa tetep hidup, karena kodratnya ayam kampung bisa mencari makan sendiri.
Biasanya jenis ayam ini dagingnya agak keras (otot dagingnya banyak karena tiap hari olahraga nyari makan sendiri). Nah, berdasarkan jalan hidupnya yang terkenal mandiri ini, pemilik ayam kampung cukup bisa bertenang diri duduk manis ongkang-ongkang kaki di kursi goyang, karena jika pada pagi hari si ayam dilepas dari kandang, maka di sore harinya ayam ini akan kembali pulang dengan perut yang sudah terisi makanan (*hebat yahh? Gak perlu repot-repot ngurusnya)
Sedangkan ayam negeri adalah jenis ayam potong yang dibudidayakan manusia dengan jalan memanjakannya. Kenapa dibilang "jalan manja?", dikarenakan sedari kecil sampe gede ayam negeri kalo makan yaa disuapin eh diumpanin. Hidupnya dikurung aja dalam kandang gak banyak gerak, so dagingnya isinya cuma lemak mulu, empuk. Parahnya ayam jenis ini hobi nyuntik, dari kecil udah disuntikin bahan kimia biar pertumbuhannya cepet. Cepet gemuk, cepet gede, cepet dipotong, dan digoreeng.. nyum!

Plop!
Wuzzz, setelah berceloteh, si ayam keren tau-tau ngilang begitu aja dari pundak saya, meninggalkan pertanyaan yang masih sedikit tersisa di benak.
Tapi syukurlah dia udah berbagi info seputar ayam. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya (*loh?)
:')

Yang saya bisa tangkap dari ocehannya a_yam_dong tadi adalah ayam kampung adalah ayam mandiri dan ayam negeri adalah ayam manja...
Hemmm...tiba-tiba keinget temen-temen saya yang hidupnya gak jauh beda dari ayam. Ada yang MANDIRI (MAndi, makaN, Dan cucI sendiRI) ada yang MANJA (MANdi JArang)
Well, orang itu mau mandiri atau manja sih menurut saya yaaah, tergantung gimana ortunya ngedidik mereka sih. Kayak kasus si ayam2 itu, gimana pemiliknya memperlakukan mereka aja deh.
Anak-anak yang dari kecil dikuruuuuung aja dirumah, makan musti disuapin, apa-apa dikasih tanpa usaha dari ortu, maka anak itu akan terbentuk menjadi pribadi diri yang bermental manja. Gak berani ngambil resiko untuk bertarung dengan kenyataan di dunia luar, dunia sebenarnya tempat mereka hidup. Penakut, selalu berlindung di ketek mami, cemen, lembek.
Jelaslah gak punya keberanian, apa aja yang dipengen bisa dengan mudah di dapet tanpa bersusah-susah dulu. Kalo kamu termasuk anak jenis ini, hati-hati loooh. Pertumbuhan kamu bakal cepet, cepet gemuk, cepet dipotong (*emang ayam :P). Maksudnya, yap emang hidup kamu terkesan mudah, dan penuh kebahagiaan. Tapi mikir deh, apakah itu namanya bahagia kalo kita gak bener-bener bisa nikmatin dunia luar? Bergantung sama orang laiiiin mulu kerjaannya. Ihh, dijamin deh hidupmu gak akan bener-bener menyenangkan (*ratapan anak pingit). Dan pastinya akan merasa kalo hidup ini singkat banget. Rugi dooong, kalo hidup yang singkat ini gak diisi dengan hal-hal baru yang belum pernah dilakuin?? Rugi banget. (*CAMKAN ITU!)
Sedangkan anak mandiri, ya itu, dididik untuk bisa cari makan sendiri, menghidupi dirinya sendiri, dengan begitu karakter yang terbentuk juga lebih kuat, berani, punya prinsip, dan yang penting hidupnya gak bakal ngebosenin. Life to the fullest gitu loooh!
Terkadang jauh dari rumah, dikasih kepercayaan sama orang tua untuk bisa mengurus dirinya sendiri akan membawa pelajaran yang sangat berarti untuk anak-anak. Banyak pengalaman dan hal-hal baru yang akan mereka temui di luar sana. Berbagai rintangan hidup akan coba mereka maknai dengan bijak, SENDIRI. Keren banget lah pokoknya nih ayam.

Dan yang pasti ayam kampung mandiri ini jauuuuuh lebih sehat dikonsumsi dibanding ayam negeri.
Gak percaya?? Ayam kampung kan banyak tuh ditemuin di kampung2, sedangkan ayam negeri ya banyak dijumpai di kota. Sekarang jujur, mana yang harapan hidupnya lebih panjang, orang kampung apa orang kota??

Sedikit intermezzo, Mbah saya, di kampung, mau jalan kaki berkilo-kilo meter ke pasar, nyangkul berhektar-hektar sawah (*ini lebay) juga masih kuat, padahal umurnya udah lanjut banget. Orang kota?? yahhh, begitu udah berumur lebih 35an keatas aja, sakitnya mulai macem2 deh.

Enw, hehhhhh....perasaan saya sekarang udah lega. Benang kusutnya udah terurai. Alhamdulilaaah, ternyata ayam-ayam yang saban hari keluar masuk onggokan tubuh saya, bisa juga memberi pelajaran hidup yang berarti. :)

So, mau jadi ayam kampung, ayam negeri, ayam kampus, atau ayam den lapeh it's up to you...
Yang penting dan utama, "Jadilah ayam yang bermartabat"






Peace yo ^^v

_dee

You Might Also Like

0 comments: